Tata Kota - teraju.id
Home > Berita > Tata Kota
IMG_20180108_114536_255

Tata Kota

Oleh: Ambaryani

Setiap melintasi Jalan A. Yani 1 Pontianak, tepatnya di bundaran Untan, mata saya tak bisa fokus. Banyak yang menarik di sana. Tampilan bundaran dan sekitarnya menyita perhatian.

Saat saya masih sering joging ke sana dulu, kondisinya masih nampak biasa saja. Malahan ada kesan bundaran tak terawat dulu. Sekitar tahun 2008, saya kos di Jl. Imam Bonjol. Sabtu, Minggu joging ke Untan.

Sekarang taman Digulis, taman Arboretum Sylva, ditambah lagi kawasan samping Polnep, ketiga tempat ini ditata rapi. Dengan segala pernak perniknya, membuat bundaran nampak cantik.

Banyak bunga, lampu-lampu taman, air mancur ditengah bundaran. Kalau malam nampak aduhai. Rasanya tidak akhir pekan pun, kawasan ini selalu ramai. Tak hanya anak muda yang menghabiskan waktu sore di sana.

Saya perhatikan, banyak juga rombongan.keluarga, membawa anak-anak mereka menikmati malam di tengah kota. Setiap sore akhir pekan saya pulang dari Kubu, kawasan ini sudah mulai ramai. Anak-anak saya juga selalu heboh jika pas lewat dan air mancurnya menyala.

Melihat kondisi ini, saya jadi berandai-andai. Andai saja, dari ujung bandara tepatnya simpang tiga bandara, kemudian bundaran A. Yani Tol 2 Ambawang Transmart ditata secantik ini, tentu akan luar biasa.

Jika ada orang luar Kalbar datang, begitu keluar pesawat, melihat bandara yang sekarang sudah megah. Keluar komplek bandara, ada pemandangan indah, sampai di bundaran Transmart juga demikian, hingga ke bundaran Untan yang menyita perhatian.

Pasti akan menjadi daya tarik tersendiri. Melengkapi puzel keindahan kota yang sudah ada dan tertata. Tapi, ini sebatas berandai-andai. Semoga saja suatu saat nanti andai-andai ini kemudian nyata.
Bim salabim, abra kadabra. Kemudian jadi. Tentulah tidak semudah itu. Tapi, tak ada yang tak mungkin. Hal ini menjadi pekerjaan rumah yang rasanya tak cukup 1 semester membahasnya. Tak cukup 1 wali kelas yang menjabarkan rumusnya.

Butuh banyak ide, pemikiran agar ini bisa terlaksana. Dan jika benar jadi nyata, semoga nanti warga Pontianak secara otomatis bisa berkata, betapa indahnya negeriku. Meminjam kata-kata salah satu judul film. (*)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About Ambaryani

Ambaryani, Pranata Humas, staf Kemasyarakatan (Kemasy) Kecamatan Kubu. Menyukai dunia kepenulisan, dan telah menulis beberapa buku fiksi dan true story, sebagai penulis bersama. Lulusan Program Studi Komunikasi STAIN Pontianak. Aktif di Lembaga Pers Mahasiswa dan Club Menulis STAIN Pontianak, serta pernah magang di Harian Borneo Tribune Pontianak.

Check Also

WhatsApp Image 2018-01-19 at 08.25.58

3 Kg Sabu Dimusnahkan

teraju.id, Pontianak – Kepolisian Daerah Kalimantan Barat, kembali memusnahkan narkoba jenis sabu. Pemusnahan barang bukti …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *