in ,

Lomba Menjahit Bendera Mini

WhatsApp Image 2019 08 17 at 14.01.46

Oleh: Ambaryani

“Ayo… Pelita, Jangkang 1, Teluk Nangka..Kubu, Sungai Terus, Olak-Olak, Jangkang 2, Mengkalang Jambu..”
Teriakan serta tepuk tangan kompak dari suporter membuat gedung serba guna Kecamatan Kubu ramai. Keseruan peringatan HUT RI 74 PKK Kecamatan Kubu sangat terasa, Kamis 8 Agustus lalu.

Ibu-ibu PKK dari berbagai desa ikut serta dalam lomba menjahit bendera mini. Mereka nampak berkali-kali latihan memasukkan benang ke dalam jarum. Tujuannya supaya saat lomba mereka sudah ‘hafal’ dan bersahabat dengan jarum dan benang yang sudah dibagikan oleh panitia.

Uniknya, di awal ada kebingungan siapa yang harus mewakili lomba jahit bendera mini. Kalau yang sudah senior, pasti rapi jahitannya karena sudah biasa menjahit. Tapi susah masukkan benang ke dalam jarum. Memilih mengutus yang muda, resiko jahitan kurang rapi. Karena salah satu poin terbesar penilaian lomba menjahit bendera mini adalah kerapian.

Akhirnya, panitia mengambil jalan tengah dengan memperbolehkan benang terlebih dahulu dimasukkan ke dalam lubang jarum sebelum lomba dimulai. Mereka konsentrasi dengan kain merah putih ukuran 10 x 20 cm.

Mereka nampak serius dan konsentrasi. Ada yang menjahit dengan tenang, pelan dan rapi. Ada yang menjahit dengan gopoh, tangan agak bergetar hingga benang terlepas dari jarum saat kain bendera masih tersisa beberapa cm untuk rampung dijahit.

“Ah… Lepas pulak benangnya,” teriak salah satu peserta.

Si ibu nampak beberapa kali berusaha memasukkan benang ke dalam jarumnya lagi, tapi tetap tak berhasil. Dicobanya lagi, lagi, dan lagi karena ingin menyelesaikan jahitan hingga ujung bendera. Si ibu nampak menyerah saat waktu yang diberikan sudah habis.

“Ndak nampak lubang jarumnya,” kata si ibu sambil tertawa saat berdiri hendak menyerahkan hasil jahitan pada tim juri. (*)

Written by Ambaryani

Ambaryani, Pegawai Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya. Lulusan Program Studi Komunikasi STAIN Pontianak. Buku berjudul; 1. Pesona Kubu Raya 2. Kubu 360 adalah buku yang ditulisnya selama menjadi ASN Kabupaten Kubu Raya

WhatsApp Image 2019 08 17 at 12.26.13

Pengibaran Bendera di Pos Lintas Batas Negara

IMG 20190818 060255 025

17 Agustus di Perbatasan Indonesia