in ,

Raih Kepercayaan Publik Kabid Humas Diminta Perkuat Jurnalistik

WhatsApp Image 2019 03 28 at 07.29.31

teraju.id, Pontianak – Kepolisian Daerah Kalimantan Barat pada Selasa (26/3) kembali melakukan rotasi jabatan kepada dua pejabat utama Polda Kalbar, yaitu Kabidhumas dan Kabidkum. Upacara sertijab yang dilaksanakan di Aula Rupatama Polda Kaimantan Barat tersebut dihadiri oleh Kapolda Kalbar, Irjen Pol Drs Didi Haryono, SH MH, Wakapolda, Irwasda, para pejabat utama, para Kapolres jajaran Polda Kalbar, dan ibu ketua bhayangkari daerah kalbar beserta para pengurus bhayangkari daerah, dan para ketua bhayangkari cabang.

Jabatan kabidhumas dan kabidkum polda kalbar merupakan jabatan di lingkungan polda dengan karakteristik ruang lingkup tugas dan beban kinerja yang khas. “Peran penting kabidhumas adalah menyelenggarakan kegiatan hubungan masyarakat (humas) di tingkat polda, mengelola informasi, penyajian data, dokumentasi yang dapat diakses masyarakat, melaksanakan kerja sama, dan melaksanakan anev kegiatan tugas bidhumas” ungkapnya.

“Sedangkan peran penting kabidkum polda adalah sebagai perisai hukum yang mampu melindungi, memperjuangkan, memenangkan kepentingan institusi dan anggota polri melalui kegiatan penyusunan dan penyuluhan hukum, serta pemberian bantuan hukum” lanjut jendral bintang dua tersebut.

Kemudian Irjen Pol Drs Didi Haryono, SH MH menambahkan, bahwa Kapolri mengamanatkan kepada seluruh personel Polri bagaimana cara merebut kepercayaan publik.

“Pertama, dengan melakukan reformasi kultural, kedua dengan mereformasi kinerja, serta yang ketiga, dengan melakukan pengelolaan media atau media management” ucapnya di depan seluruh peserta yang hadir.

Dalam kesempatan tersebut juga Kapolda menyampaikan kepada khususnya bidhumas polda kalbar bahwa media management urgent untuk dilaksanakan, mengingat di era demokrasi, media sudah menjadi pilar utama.

“Kepercayaan publik terhadap polri cenderung menurun karena sebelumnya kita lemah dalam mengelola media”

“Berita-berita negatif yang memojokkan polri tidak bisa kita imbangi dengan ekspos keberhasilan kinerja polri.

Terlebih di jaman media sosial, semua orang yang memiliki akses internet dan memiliki akun media sosial, akan sangat mudah melontarkan opini dan bahkan menyiarkan berita hoax tanpa dibarengi dengan kesadaran dampak apa yang ditimbulkan dari postingannya” lanjutnya

Untuk itu mantan Wakapolda Kepri tersebut mengharapkan dari kabidhumas yang baru nantinya untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik bagi para pengemban fungsi humas baik di tingkat satker polda maupun di seluruh polres jajaran.

Dan pada kesempatan itu pula Kapolda mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas segala dedikasi, kontribusi, serta prestasi yang telah diberikan kepada pejabat lama. Dan meminta kepada pejabat yang baru segera menyesuaikan diri dengan dinamika operasi dan pembinaan personel di Polda Kalbar.

“Terlebih saat ini kita sedang memasuki agenda nasional pemilu 2019, sebagai elemen pendukung utama dalam menjamin kualitas kinerja personel polda kabar agar tetap profesional, proporsional, dan prosedural, serta sebagai perisai hukum personel polda kalbar yang tengah melaksanakan tugas di lapangan” ungkapnya.

“Teruskan, kembangkan prestasi, dan kemajuan yang telah dicapai oleh para pejabat lama. Selamat bertugas” cetusnya

Tidak lupa kepada para bhayangkari dari pejabat lama, Kapolda selaku pembina daerah bhayangkari dan atas nama ketua daerah bhayangkari, mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada oara bhayangkari yang telah mendampingi suami dalam menjalankan tugasnya.

“Tetaplah menjadi pendamping yang setia bagi suami dimanapun bertugas” ucapnya. (MO) (r/cucu)

Written by teraju

IMG 20190327 211649 490

Kembali Nakhodai IKADIN Kalbar, Daniel Tangkau Himbau Pemilu Damai

WhatsApp Image 2019 03 28 at 07.28.36

Sinergi Harmonis Melalui Kebersamaan