in

Keadilan untuk Sultan Hamid II Alkadrie

Sultan Hamid 2 Pontianak
Cakepnya Sultan Hamid

Oleh: Uci Cahyati

Pertemuan yang diadakan pada Sabtu (4/7/2020) secara tatap muka bersama Nur Iskandar yang merupakan salah satu pendiri teraju.id berjalan dengan lancar. Pertemuan kurang lebih 3 jam itu mengulas topik yang sedang hangat diperbincangkan di media sosial yakni ‘Sultan Hamid II Pengkhianat atau Pahlawan Bangsa’. 

Nur Iskandar memaparkan secara singkat terkait kehidupan Sultan Hamid II semasa penjajahan Belanda. Sultan Hamid II menikah dengan wanita Belanda yaitu Didi van Delden yang juga merupakan wanita keturunan bangsawan dari kerajaan Sulawesi Selatan.

Ketika di Indonesia terjadi pertumpahan darah, keberadaan Sultan Hamid II dipertanyakan keberadaannya oleh rakyat Indonesia. Persoalan tersebut yang menyebabkan munculnya pertanyaan dan pertimbangan, apakah Sultan Hamid II pantas diberi gelar pahlawan Nasional atau tidak?

Para jurnalis maupun para tokoh berpengaruh yang ada di Indonesia dan, Kalimantan Barat khususnya akan terus menulis artikel tentang Sultan Hamid II. Tidak hanya itu, selain akan terus dilaksanakan webinar juga diskusi-diskusi publik yang saat ini dilakukan agar masyarakat juga turut serta mendukung pengakuan Sultan Hamid II sebagai pahlawan Indonesia.

Para tokoh penting dan berbagai elemen masyarakat menginginkan kebenaran dan keadilan akan terungkap. Meskipun beliau telah wafat, negara harus adil dan tidak diskriminatif. Semoga.*

Written by teraju.id

WhatsApp Image 2020 07 06 at 21.45.17

Melalui Penelitiannya, Nurheri Naikkan Reputasi Kailan di Pontianak

WhatsApp Image 2020 07 06 at 22.04.22

Madu, Alternatif Perawatan Berat Badan