in

7 Rekomendasi Konsumsi Sehat Saat Berbuka Puasa

Ilustrasi Konsumsi Sehat Editor : Aditya Wiradimadja

Oleh : Aditya Wiradimadja

Saat berbuka puasa ada baiknya untuk memperhatikan asupan nutrisi dari makanan dan minuman yang kita konsumsi. Baik ketika sahur maupun berbuka. Kandungan gizi dari bahan yang disantap harus sangat diperhatikan, karena itu sangat penting bagi kesehatan tubuh kita.

Namun, hingga kini masih banyak orang yang mengabaikan hal tersebut terlebih untuk makanan buka puasa. Menu makanan berbuka puasa cenderung berupa cemilan instan yang kurang baik bagi tubuh seperti gorengan, minuman sirup, jajanan kaki lima, dan sebagainya.

Agar kesehatan kamu tetap bugar, bulan puasa ini merupakan momen yang tepat untuk memulai kebiasaan pola makan sehat.

Oleh karena itu, berikut rekomendasi beberapa makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

1. Air Putih

Saat puasa, tubuh mengalami dehidrasi dan kehilangan banyak cairan sehingga menyebabkan tubuh terasa lelah.

Guna memulihkan kembali energi dan kondisi tubuh yang prima, minumlah air putih sebagai minuman buka puasa yang sehat karena tubuh akan kembali terhidrasi setelah kehilangan banyak cairan.

2. Kurma

Banyak kaum muslim pada bulan puasa mengonsumsi buah berwarna coklat kehitam-hitaman ini sebagai menu berbuka lantaran memiliki banyak manfaat.

Kurma merupakan buah kaya manfaat karena mineral dan kalsium yang dikandung, serta rasa manis alaminya menjadi penawar asam lambung seusai berpuasa.

Adapun Dalam Hadist Shahih Bukhari dan Muslim, diriwayatan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam beliau bersabda ‘Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir’.

3. Beras Merah

Setiap jenis beras mengandung karbohidrat, namun kandungan karbohidrat kompleks terdapat pada beras merah. Meski memiliki tekstur yang lebih padat serta rasa yang cenderung lebih hambar, namun beras merah menyimpan berbagai manfaat kesehatan.

Beras merah merupakan sumber energi yang lebih stabil, kaya serat guna melancarkan pencernaan, dan terdapat mineral serta antioksidan, sehingga baik untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat lainnya menghindarkan tubuh dari beragam penyakit, seperti diabetes dan gagal jantung.

4. Sayur-Sayuran

Saat berpuasa, lambung beristirahat sehingga kinerjanya di dalam tubuh berkurang. Itulah mengapa diperlukan makan-makanan yang mudah dicerna agar lambung tidak ‘shock’ dan tidak bekerja terlalu keras.

Sayuran yang baik untuk dikonsumsi adalah sayuran hijau, karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, mineral, vitamin dan zat besi yang tentunya sangat berguna bagi tubuh. Kamu bisa mengonsumsi tumis sayuran, lalapan, salad sayur, ataupun sop.

5. Ikan

Setelah berbuka dengan makanan ringan, pastinya akan melanjutkan ke konsumsi makanan berat. Kategori makanan berat, ikan adalah pilihan yang paling tepat untuk berbuka puasa karena memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh, karena mengandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral.

Jadi jangan lupa makan ikan yaaa! Jangan sampai ditenggelamkan bu Susi.

6. Telur

Selain mudah dalam penyiapan dan penyajiannya, telur juga gampang dicerna tubuh. Bahkan mengandung protein yang sangat tinggi.

Dalam satu telur terkandung enam gram protein dan sembilan macam asam amino, akan sangat baik bagi tubuh kamu jika dikonsumsi saat berbuka puasa.

7. Madu

Selain kaya akan antioksidan guna mencegah penyakit kanker dan resiko terkena penyakit jantung, madu juga direkomendasikan sebagai makanan sehat untuk berbuka puasa.

Madu dapat memperlancar metabolisme tubuh setelah seharian berpuasa dan memperlancar sistem pencernaan. Meminum madu sebelum makan berat juga akan menyeimbangkan berat badan karena nafsu makan jadi lebih terkontrol.

Nah, demikian rekomendasi daftar konsumsi sehat di atas yang bisa kamu coba untuk berbuka puasa pada tahun ini.

Hari ini, sudah berbuka sehat belum?*

Berbagi itu indah:

Family Time Saat Puasa #Dirumahaja

Tips Dan Trik Adaptasi Belajar Online