in ,

Dua Siswa AFS di Pontianak Ditarik Balik Negara

IMG 20200318 091803 121
Andrea dan Akane di Kantor Chapter Pontianak. Foto by Odhy Abyan Dzakwan

teraju.id, Chapter Pontianak – Dua siswa AFS year programe di Pontianak masing-masing atas nama Akane (Jepang) dan Andrea (Italia) ditarik oleh negaranya.

Begitupula siswa kita di Italia dikirim pulang. Perpisahan “mendadak” seperti ini tidak enak. “Komunikasi AFS Internasional detik per detik dan program pertukaran tahun 2020 akan dilakukan teleconference via webiner bagaimana keputusannya,” ungkap Direktur Eksekutif Binabud Pusat Nina Nasution dalam penutupan Rakernas di Jakarta, 15/3/20. Pandemi Corona membalikkan semua rencana. Namun kesehatan merupakan faktor utama kenapa semua mesti dipulangkan ke kediaman orang tua masing-masing.

Dalam hal perjalanan antarnegara maka berlaku standar pemeriksaan kesehatan. Protokol WHO dijalankan dengan saksama.

Acara farewell yang biasa digelar kali ini no. Kita meniadakan keramaian. Tapi perasaan tetap perih melihat keakraban yang sudah tersulam. Baik host family dan host school, chapter, maupun sesama pelajar. Sebuah episode paling pilu dari pandemi yang semula hanya heboh di Wuhan-China pada akhir tahun lalu, namun kini Corona mewabah ke 150-an negara di dunia. Sejarah kelu yang semoga segera sirna dan kita semua menimba ilmu dan pengalaman sehingga tidak berulang.

Adapun programe tahunan YES (Youth Exchange and Study) di mana tiga pelajar Kalbar lolos setahun ke Paman Sam masih menunggu keputusan AFS Internasional. Jika Corona sirna, mereka akan menjalani program sejak Agustus. (kan)

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

leo

Darurat Pembelajaran dalam Jaringan di Perguruan Tinggi

IMG 20200318 085604 718

Antisipasi Lockdown Paris – Antisipasi Jitu dari Nairobi ke Hamburg