in ,

Kampoeng English Poernama Makin Mantap dengan Metode Edutainment

IMG 20160919 070558 740

Teraju.Id, Purnama – Gerakan sosial belajar Bahasa Inggris yang dikembangkan Kampoeng English Poernama (KEP) semakin eksis dan mantap. Khususnya dengan penerapan metode belajar edutainment (edukasi dan entertainment).

Gambaran edutainment itu semakin kental setelah perjalanan waktu tiga tahun. Selain belajar lewat teater, juga seni permainan rakyat seperti galah-kepong, atau “kejar kucing” bahkan “kejar bulan”.

“Kini kami mengasah edutainment itu sehingga 85 persen aktivitas peserta belajar, dan 15 persen dari fasilitator,” ungkap koordinator bidang Human, Reaearch and Development (HRD) KEP, Christina Sallem. Katanya, pada program “social sunday”, Minggu (18/9/16) kemarin.

Penerapan 85-15 persen itu sudah sangat kentara di kelas dewasa, tepatnya golongan mahasiswa dan umum. “Mereka aktif sekali sehingga kosa kata-kosa kata yang mereka miliki bisa keluar dalam bentuk percakapan,” ujar wanita yang akrab disapa Kak Chris.

Alumni jurusan Bahasa Inggris FKIP Untan ini menjelaskan bahwa di dalam program anak dan remaja juga diterapkan metode yang sama yakni edutainment. “Dan lebih spesifik, dengan penekanan di bidang komunikasi serta media massa,” imbuhnya seraya mengingatkan bahwa komunitas juga punya media online bilingual teraju.id untuk praktik media dan Bahasa Inggris.

Program KEP terbuka untuk semua lapisan usia dan lapisan masyarakat. Ada dua program utama, yakni social sunday dan paket pilihan. Adapun kegiatan ketiga yang juga berkembang di Kampoeng English Poernama adalah event organization berbasis kegiatan-kegiatan berbahasa Inggris.

Semoga suatu saat kelak, gerakan sosial belajar Bahasa Inggris dari Purnama bisa berkembang se-Kota Pontianak.

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

IMG 20160919 070620 801

Presiden Anak Kota Pontianak: Di Sini Kami Mengukir Prestasi

md

Media, Publik dan Somasi (Menelisik Kasus Mario Teguh dan Deddy Corbuzier)