in

“Apakah Pancasila itu Benar-benar Ada?”

Oleh: Dr Aria Jalil

Komentar S. Tejo saya pikir menarik dan terukur: “apakah Pancasila itu benar2 ada. Wong utk mendptkan krediti UKM saja susah”.

Saya teringat obrolan dgn ak (Alm)i Achdiat Kartamiharja (salah satu novelnya “Atheis. Beliau bilang ada 3 Ilmu yg menghalangi terwujudnya masyarakat Pancasilais yg makmur dan adil.

  1. ilmu kodok ngojai (berenang). Perhatikan saat kdk ngojai. Kedua tangannya kedepan seolah2 menyembah (atasan). Kedua kakinya menerjang (menindas bawahannya). Kemudian kedua tangannya mengayuh menyisihkan air (lawannya).
  2. Ilmu air masuk telinga. Mengeluarkan air dari lubang telinga paling cepat jika memasukkan air ke telinga. (Izin atau urusan apapun bisa cepat keluar jika ada yg dimasukkan…
  3. Ilmu lele hutan. Itu lele semakin subur badannya jika hidup di lingkungan yg kotor. (Mungkin beliau mengibaratkan, ada pihak yg hidup makmur dlm suasana yg kisruh. Ada kesan kisruh itu memang dipelihara). (*Penulis adalah Direktur Singkawang Educational Training Centre, mantan Atase Pendidikan dan Kebudayaan Kedubes Indonesia di Canberra Australia)
Berbagi itu indah:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

0

SEJARAH HUKUM DAERAH ISTIMEWA KALIMANTAN BARAT

OSO, Sukadana dan Sail Selat Karimata