in ,

Pemkot-Damri Bikin Kejutan dengan 7 Halte dan 11 Bis Baru

Teraju.id, Kota Baru – Anda pernah naik bis kota? Atau sudah memiliki kendaraan sendiri?. 3 Tahun belakangan ini tingkat kebutuhan pembelian kendaraan pribadi warga Indonesia melonjak naik mulai dari kendaraan sepeda motor hingga mobil roda empat.

Sehingga masing-masing warga telah memiliki kendaraan sendiri dan fenomena ini sudah biasa terlihat di masyarakat.

Di sisi lain, beberapa daerah di Indonesia salah satunya Pontianak. Bis hanya digunakan masyarakat sebagai transportasi antar kota dan antar daerah, dengan kata lain hanya sebagai alat transportasi untuk keluar kota dan tidak untuk di dalam kota.

Halte bis saja jarang dipergunakan sebagai tempat persinggahan Bis, dan kerap digunakan sebagai tempat warga berjualan bensin eceran, es cendol, rokok, dan sebagai tempat berteduh apabila terjadi hujan.

Pemerintah Kota Pontianak beserta Dinas Perhubungan dan Informasi melakukan pembangunan Halte Bis di beberapa titik di kota Pontianak. Untuk pekerja lapangannya sendiri dari CV Taufik Akbar dengan kontrak senilai Rp. 300.077.000,- selama 90 hari terhitung sejak 2 Agustus 2016 yang dananya bersumber dari APBD.

“Sekarang siapkan haltenye, 7 buah tahun ini. Dalam waktu bersama sedang dibangun 7 halte yang letaknya di Taman Akcaya Kota Baru, di S Parman SMKN 3 , di SMPN 16 dan SMAN 2 RE Martadinata, SMKN 4 Jeruju, SMA Terpadu, SMKN2. Bisnye kalo nda salah 11. Ini pun haltenye kite upayakan Bis tidak mengganggu jalan.

Bis bise berhenti seperti ade jalur lambat. Kite upayakan ade jalur lambat walaupun hanye bise masuk 2/3 dari lebar badan Bis, tapi setidaknye tidak mengganggu arus lalu lintas. Nah kalo yang kemarin-kemarin kite sudah maksekan Bis, bise-bise bis berhenti antrian belakangnye panjang. Kan sekarang nda lagi, jalan kite udah lebar-lebar. Dan mudah-mudahan tahun depan bise 7 lagi bise kite buat. Ini kan satu arah, halte itu kan harus 2 arah. Lebih dipentingkan yang dekat sekolah, dekat taman. Karena bis ini pengoperasiannye kite kerje samekan dengan Damri. Kalo kite nda mungkin lah mau mengelolanye pakai perusahaan daerah juga susah, lebih bagus Damri. Ini juga berfungsi sebagai bis sekolah dan orang umum juga” Ujar H. Sutarmidji, SH, M,Hum selaku Walikota Pontianak sambil meninjau pembangunan Halte Bis taman Akcaya.

Written by teraju

Kalbar Siaga Api

Hari Pertama Job Fair Polnep, Pencaker mencapai 800 orang!