Hasil Tak Akan Pernah Mengkhianati Usaha - teraju.id
Home > Opini > Hasil Tak Akan Pernah Mengkhianati Usaha
2

Hasil Tak Akan Pernah Mengkhianati Usaha

Oleh: Sulistio *

Mungkin kita akan bertanya tentang maksud dari ungkapan “hasil tak akan mengkhianati usaha”. Loh, memang bagaimana hasil bisa mengkhianati usaha?

Dalam ungkapan tersebut terdapat dua kata kunci yang perlu diuraikan agar kita paham maksud dari kalimat tersebut. Kata kuncinya adalah usaha dan hasil.

Usaha merupakan upaya yang dilakukan seseorang dalam merealisasikan keinginannya terhadap suatu hal. Usaha merupakan hal terpenting yang harus dilakukan seseorang ketika menginginkan sesuatu. Contohnya ketika seorang mahasiswa mendapat tugas dari dosen, maka upaya yang dilakukan demi menyelesaikan tugas tersebut merupakan usaha. Sedangkan hasil merupakan babak akhir dari usaha yang telah kita lakukan.

Jika kita mampu melakukan suatu usaha dengan baik, maka dari usaha tersebut akan diperoleh hasil yang baik pula. Seperti contoh di atas bahwa ketika kita mendapat tugas, lalu kita kerjakan dengan sungguh sungguh, maka dapat dipastikan kita akan memperoleh hasil yang sebanding dengan usaha kita.

Hal ini berlaku dalam segala aspek, karena kita tahu di zaman yang semakin berkembang ini tidak ada hasil yang didapat tanpa sebuah usaha, dan usaha yang dilakukan seseorang pun akan berbeda tergantung apa yang ingin dicapai dan bagaimana cara yang ditempuhnya.

Mungkin hal ini terlihat sederhana, namun ketika kita benar-benar pahami hal tersebut, kita akan mendapatkan sebuah kesimpulan yang dapat diambil dan terapkan. Inti dari tulisan ini adalah sebuah usaha yang dilakukan tidak akan pernah mengkhianati hasil akhir yang akan didapatkan.

Ketika kita berusaha sekuat tenaga demi mendapatkan sesuatu, maka hasil yang diperoleh akan sebanding dengan usaha yang telah dilakukan, walaupun di dalam perjalanannya akan ditemukan berbagai hambatan dan rintangan. Hal tersebut merupakan bumbu dari usaha kita. Jika mampu dilewati dengan baik, maka hasil yang diperoleh akan lebih terasa manis.

Sebagai contoh ketika kita telah melewati tahap akhir kuliah, namun belum mendapatkan pekerjaan, usaha kita ketika mencari pekerjaan akan diwarnai dengan suka dan duka. Sehingga ketika kita telah menemukan pekerjaan yang cocok, maka manisnya hasil yang diperoleh akan lebih terasa.

Itulah makna ungkapan hasil tidak akan pernah mengkhianati usaha. Semoga kita tidak berputus asa dalam berusaha, sehingga hasil yang diperoleh sebanding dengan usaha yang telah dilakukan. (Penulis adalah mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Pontianak)

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About sulistio

Check Also

WhatsApp Image 2017-12-10 at 20.46.10

Keheningan di Aula Balai Benih Ikan Pontianak

Oleh: Yusriadi Ahad (10/12) pagi Aula Balai Benih Ikan (BBI) Pontianak cukup ramai. Puluhan orang, …