in , ,

Antusiasme Dubes AS dengan Karya dari Sampah

teraju.id, Untan – Rabu(12/07), American Corner UNTAN Pontianak mengadakan Go Kalimantan Girls Exhibition dengan slogan “from Waste to Wealth”. Kegiatan ini merupakan puncak acara setelah lebih dari sebulan, para peserta yang terdiri dari perempuan kalimantan dengan kisaran 18-25 tahun melewatkan masa training dan pengerjaan proyek mereka.

Pagi ini sejak pukul 07.00 WIB, area halaman depan American Corner UNTAN telah dipenuhi dengan stand-stand yang dihiasi pernak pernik hasil karya daur ulang. Terlihat para peserta antusias menghias dan memamerkan hasil karya kerja keras mereka setelah lebih dari sebulan mendaur ulang barang bekas menjadi sesuatu yang berguna.

Terdapat 8 kelompok peserta yang menghasilkan berbagai macam karya daur ulang yang menarik dan unik. Mulai dari kursi serta meja dari ban atau botol bekas, lampu hias yang tersusun dari gantungan kantong air, tas serta dompet, bunga dari karung bekas bawang, baju daur ulang, hingga anting-anting turut menghiasi setiap sudut pameran.

Tidak hanya peserta yang antusias, Duta besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph R. Donovan yang didampingi Rektor Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak, Prof. Dr. H. Thamrin Usman pun terlihat sangat antusias. Setelah Kata Sambutan dan pemukulan gong sebanyak 3 kali oleh Dubes AS yang membuka kegiatan Go Kalimantan Girls Exhibition ini, mereka menyusuri setiap stand peserta yang dituntun oleh Stella sebagai Ketua Pelaksana.
Joseph tampak takjub setiap melihat karya-karya daur ulang buatan peserta. Ia terlihat sangat tertarik dengan warna dan corak-corak khas Indonesia yang terdapat pada bantal, baju, maupun tas sedotan. Tidak jarang Joseph mencobai berbagai hasil karya seperti bangku dari ban serta botol bekas dan topi dari koran.

Hingga akhir kunjungan ia memberikan ‘Ambassador Special Prize’ bagi kelompok terpilih, yaitu kepada Kelompok Himawari yang membuat tas-tas dari sedotan bekas dengan paduan warna berciri khaskan suku Melayu, Dayak, dan Tionghua. Tidak lupa sebagai kenang-kenangan, Joseph diberikan ‘recycle bag’ dari sedotan berwarna kuning untuk dibawa pulang.

Written by teraju

Kedatangan Duta Besar AS ke Cabang American Corner Terbaik di Indonesia

Pelatihan Kaderisasi Kepimpinan Tingkat Dasar Provinsi Kalbar: Tidak Ada Pemalas yang Sukses