in ,

Gubernur Ajak AMSI Kalbar Perangi Hoaks

teraju.id, Mercure – Gubernur Kalbar H Sutarmidji, SH, M.Hum dalam rapat kerja wilayah pertama Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kalbar, bertempat di Mercure, menyerukan keterlibatan memerangi berita bohong alias hoaks.

“Saya mengajak pemilik media arus utama turut berperan aktif memerangi hoaks alias berita bohong,” ungkap Sutarmidji seperti disampaikan Dishubkominfo, Sukaliman.

Gubernur mengaku prihatin karena indikasi hoaks semakin banyak. Hal itu berdasarkan penyisiran komunikasi dan informatika serta laporan yang dikirimkan oleh masyarakat setiap harinya.

IMG_20190403_132600_484

Pemerintah menurutnya tidak dapat bekerja sendiri memerangi hoaks tersebut. Pemerintah membutuhkan bantuan pihak lain. Salah satunya pengelola media arus utama itu adalah AMSI.

Gubernur mengutip laporan Edelman Trust Barometer Global tahun 2018, bahwa peningkatan kepercayaan atau trust barometernya terhadap media arus utama di Indonesia terus naik. Bahkan, berada di urutan nomer dua di Asean.
Banjir informasi kini melahirkan banyak hoaks yang menjadi pekerjaan berat bagi Kemenkominfo dalam melakukan verifikasi informasi sehingga mengajak Asosiasi Media Siber Indonesia menjadi bagian penting dalam melawan hoaks itu.

“Saya berharap kegiatan Rakerwil ke 1 AMSI Kalimantan Barat bisa memprogramkan organisasi yang bermanfaat di era digital,” ujarnya seraya menimpali, peran penting media siber dalam memberikan informasi secara cepat kepada masyarakat, dan mengimbau agar kecepatan informasi itu diimbangi dengan  objektivitas dan akurasi.

AMSI diminta mampu menyampaikan berita yang dapat dipertanggungjawabkan, serta sesuai UU Pers, Kode Etik Jurnalistik dan Pedoman Media Siber. “Saya berpesan AMSI dapat memberikan banyak manfaat untuk masyarakat dan bangsa, karena adanya media siber membuat informasi begitu cepat menyebar, baik itu yang positif maupun yang negatif. Apabila media siber menyebarkan hoaks atau fitnah, hal tersebut bisa dengan mudah menyulut perkelahian di masyarakat.” (hd/kan)

Written by teraju

AMSI Kalbar, Media Digital Kedepankan Kecepatan dan Akurasi

Prof Kamarullah: Kearifan Lokal Cegah Paham Radikal