in ,

Kuliah Umum FUAD IAIN akan Hadirkan Pangdam Tanjungpura

IMG 20180906 WA0027

teraju.id, Pontianak – Kuliah Umum di Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah (FUAD IAIN Ptk) ini sebagai langkah awal dimulainya perkuliahan tahun ajaran baru 2018/2019. Kuliah umum akan menghadirkan nara sumber Pangdam XII Tanjungpura Mayjend TNI H. Achmad Supriyadi.

Kuliah umum ini akan diawali dengan pembukaan dan penandatanganan kerja sama, MoU antara Rektor IAIN Pontianak Dr. Syarif dengan Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI H. Achmad Supriyadi. Diharapkan akan terus berlanjut dengan berbagai kegiatan lainnya.

Kegiatan ini akan dilaksanakan pada hari Rabu, 12 September 2018 bertempat di Aula H. Abdur Rani Mahmud IAIN Pontianak. Adapun peserta seluruh mahasiswa Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah (FUAD IAIN Pontianak), dosen dan undangan.

Tema yang akan dibahas dalam kuliah umum di FUAD tahun ini Islam dan Wawasan Kebangsaan. Gagasan ini dimaksudkan memberikan penguatan dan pengayaan terhadap mahasiswa tentang identitas keislaman dan kebangsaannya. Keduanya mesti saling menguatkan dan bukan dipertentangkan, atau saling mengeliminasi.

Menurut Dekan FUAD, Dr. Ismail Ruslan, sesungguhnya konsep kebangsaan yang dipilih oleh pendiri Indonesia sudah final dengan menempatkan Pancasila sebagai dasar bernegara, Bhineka Tunggal Ika, NKRI harga mati dan UUD Dasar 1945.

Katanya negara Indonesia bukan negara agama namun negara ini didirikan dengan spirit agama. Negara menjamin kebebasan masyarakatnya untuk menjalankan agama masing-masing tanpa intimidasi, tekanan dan diskriminasi dalam bernegara dan beragama.

“Berbagai penelitian yang dilakukan berbagai Perguruan Tinggi, dan lembaga peneliti menemukan bahwa mahasiswa di beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia terpapar radikalisme, ingin mengubah dasar negara Pancasila dan sistem bernegara dengan konsep khilafah. Faham ini tidak boleh ada di FUAD IAIN Pontianak!,” kata Ismail.
Ditambahkan, mahasiswa FUAD IAIN Ptk, harus memiliki pengetahuan tentang Islam dan wawasan kebangsaan, tidak terhasut arus yang selalu mempertentangkan antara Islam dan Pancasila. NKRI ini sudah Final, tidak boleh lagi diperdebatkan !

Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah berharap setelah mengikuti kuliah umum mahasiswa memiliki pengetahuan dan wawasan keislaman yang kokoh dan wawasan kebangsaan yang luas. Mahasiswa FUAD IAIN Pontianak harus menjadi pelopor penjaga dan pembela empat pilar kebangsaan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945. (rilis)

Written by teraju

WhatsApp Image 2018 09 03 at 21.36.01

Penutupan KKL Integratif IAIN Pontianak di Desa Punggur Kecil

IMG 20180908 155039 404

Kampung Tengah Desa Tanjung Saleh, Situs Kampung Riset LP2M 2018