in

Menata Kawasan Lemukutan dengan Kearifan Lokal “Bellale”

IMG 20210331 WA0028

teraju.id– Penataan kawasan Lemukutan penting untuk memperhatikan kearifan lokal belale’. Hal itu disampaikan berkaitan dengan penelitian yang dilakukan oleh dosen dan mahasiswa prodi Desain Kawasan Binaan Arsitektur Polnep Pontianak di Desa PulauLemukutan Kabupaten Bengkayang.

Peneliti, Nunik Hasriyanti menjelaskan bahwa dalam menata kawasan penting untuk memperhatikan kearifan lokal masyarakat setempat. “Setiap masyarakat memiliki kearifan lokal yg diwariskan secara turun temurun,” katanya.

Nunik menambahkan masyarakat pesisir Desa Pulau Lemukutan memiliki kekayaan dan kekhasan dalam menata kawasan Lemukutan yakni Kearifan Lokal disebut BELLALE’ (kerja sama).

Tradisi Bellale’ masih dipercaya dan dijaga keberlangsungannya termasuk dalam menata kawasan pesisir. Misalnya membangun rumah penduduk, jalan, fasilitas umum dilakukan secara bersama sama.

Yang terbaru, masyarakat Desa Pulau Lemukutan bergotong royong menata kembali Bagan dan Kelong yang rusak akibat hantaman ombak besar awal tahun 2021.

Menurut Muhtadi (55th) penduduk di Teluk Surau, sebagai manusia, kita tidak bisa hidup sendiri dan pasti membutuhkan orang lain dalam segala sendi kehidupan. Kami tinggal di Teluk Surau Dusun Karang Timur, masih saling membantu dalam segala hal, termasuk mendirikan bagan yang terdampak ombak di awal tahun 2021.

Baca Juga:  BNPT Laksanakan Rakor FKPT di Bali

Menurut pak Yarno (55th) menambahkan masyarakat di Teluk Surau Desa Pulau Lemukutan masih merawat tradisi Bellale’. Misalnya saat ini bersama sama mendirikan bagan yang hancur terkena ombak kemaren.
Masyarakat secara bersama sama, bergantian mendirikan kembali bagan mereka. Untuk kebutuhan makan dan minuman disediakan pemilik bagan.

Lebih lanjut Par Yarno berharap masyarakat Dusun Karang Timur Teluk Surau merawat tradisi Bellale’ ini sebagai kekuatan dalam membangun Desa Pulau Lemukutan.

Keikutsertaan anak-anak dalam menjaga tradisi ini sangat penting, merekalah penerus dan pewaris Bellale’ di pesisir Lemukutan. (Rilis)

Written by teraju.id

rakor bwi

BWI “Well Educated People” Mesti Bisa

mou ump pengadilan tinggi pontianak.1

Kembangkan SDM, UMP Jalin MOU dengan Pengadilan Tinggi Pontianak