in

Perhatian bagi Pembaca Sejarah Indonesia–Lihat Unsur Apakah Dia “Like and Dislike”

WhatsApp Image 2020 07 13 at 07.58.47

teraju.id, Nusantara— Politik orang Asia adalah politik perasaan atawa sentimentil. Demikian dikemukakan mantan Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Dr H Thamrin Usman, DEA. Ia mengomentari FaceBooker yang memuji tagar Sultan Hamid Pahlawan Nasional yang diekspose pada laman FaceBooknya, 12/7/20. Tagar tersebut didengungkan tanggal 12— tepat 107 tahun kelahiran Sang Perancang Lambang Negara, Sultan Hamid II, Menteri Negara ZonderPortofolio era Kabinet RIS pimpinan Presiden Soekarno dan Perdana Menteri Hatta.

“Ketika berbeda dalam cara pandang, maka muncullah pikiran like-dislike.” Demikian guru besar kelahiran Kampung Dalam kawasan Kesultanan Qadriyah, tempat di mana juga Sultan Hamid dilahirkan 107 tahun silam.

“Tidaklah haram ketika seseorang memandang sesuatu dari sudat pandang yang berbeda. Seperti halnya ketika melihat potret diri, maka jika seseorang melihat wajah seseorang dari depan dan yang dilihat hidung maka kita dapat menilai bahwa hidungnya biasa biasa saja, tdk mancung. Tapi jika kita lihat dari sudut pandang yang berbeda misalkan dari samping, maka tampaklah lebih jelas lagi bahwa ternyata hidungnya mancung.”

Menurut pakar kimia agroindustri ini, bagi kita yang belum hadir di muka bumi ini ketika pergolakan kemerdekaan bangsa ini dan hanya memperoleh kabar hanya dari data sekunder, maka bersikap arif dan bijak itu akan lebih baik dan adil. “Sekali berbohong maka pembenarannya dengan cara berbohong juga. Itulah yang pernah dilakukan oleh orang-orang Yahudi untuk membenarkan bahwa Hitler telah menyiksa dengan cara di luar prikemanusiaan.”

Para keturunan Yahudi di seluruh dunia khususnya ahli sejarah, membuat “sandiwara” agar masyarakat dunia empati atas kepedihan hidup nenek moyang mereka kaum Yahudi semasa perang dunia.

Tentang apa yang disampaikan Prof Thamrin di laman FaceBook terkait tagar Sultan Hamid II Alkadrie Pahlawan Nasional terekam dengan baik melalui serangkaian jasa-jasa besarnya bagi bangsa Indonesia. Semakin banyak hasil penelitian ilmiah yang mendukung ke arah tersebut tanpa terlibat sentimentil”like and dislike”.

Written by teraju

IMG 20200630 094958 147

Determination of Sultan Hamid II National Hero – Eliminating Dutch Factors as Determining the Title of Hero

WhatsApp Image 2020 07 12 at 22.39.56

Sederet Drama Korea Siap Tayang Juli 2020, Genre Romance-Criminal Siap Menantang Kamu