in

Hulu Indonesia Bukan Desa tapi Kita

Oleh: Saidina Ali Rois

Pasca acara ini baru sadar, hulunya Indonesia sebenarnya bukanlah terhenti di Desa. Hulunya Indonesia adalah KITA (baca: individu masyarakat desa).

Membangun Indonesia dari Hulu, harus dahulu membangun SDM KITA. Setiap kita adalah jaminan kemajuan pembangunan Indonesia. Setiap kita bertanggung jawab atas kemajuan pembangunan Indonesia mulai dari pembangunan Desa, memastikan RT/RW, dusun, hingga BPD berkualitas dan on the right track.

Masih adanya desa tertinggal pertanda masih adanya KITA yg tertinggal. Tertinggal untuk peduli. Tertinggal untuk saling bersimpati. Tertinggal untuk menerima kemajuan. Masih mengedepankan ego sektoral, mendahulukan nepotisme, mengabaikan SDM unggul, setia kepada perspektif mencari hidup dari dana desa.

Mari bangun desa dengan segenap potensi yang dipunya. Yang punya waktu dan tenaga jadilah kontributor program, yang punya ide dan gagasan jadilah konseptor ulung bangun desa. Pak kades dan perangkatnya menjadi leader dan eksekutor progresif.

Siapapun yang menjadi pejabatnya, kepala desa dan BPD yang ada adalah pemimpin KITA. Setiap kita wajib mensupport dan kawal dana yang ada di desa, agar benar-benar terberdayakan seutuhnya untuk kepentingan masyarakat desa.

Open our minds, wariskan semangat tumbuh bersama. Era disrupsi selalu perlu kolaborasi.

Desa adalah rumah kita. #kuburayamenanjak

Berbagi itu indah:

Kampoeng English Poernama Buka KEP’s Caffee

“KEP’s Caffee” Tempat Nongkrong Baru di Kota khaTULIStiwa