Home > Community > Menulis dan Presentasi Bacaan Menjadi Duta Literasi

Menulis dan Presentasi Bacaan Menjadi Duta Literasi


Oleh : Surya Arianingsih

Awalnya saya merasa heran kenapa Bu Ninda menyuruh saya mencari Pak Yusriadi di ruang 312. Saya hanya mengikuti apa yang disuruh Bu Ninda. Ketika tiba di ruangan 312 sudah ramai yang menunggu, hingga Dekan tiba. Akhirnya saya tahu alasan kami dikumpulkan: duta literasi. Jumlah peserta mencapai 26 dan diperkecil menjadi 11 peserta dengan seleksi tulis cepat dalam waktu 20 menit maksimal 400 kata. Tema yang ditulis adalah tentang suka duka dalam mengikuti Rumah Literasi.

Dengan bismillah saya berusaha menulis sebanyak-banyaknya. Namun dalam waktu 20 menit, saya hanya mampu menulis suka dalam mengikuti Rumah Literasi. Duka dalam mengikuti Rumah Literasi tak sempat saya tulis, ketika Pak Yusriadi mengatakan waktu habis.

Saya sempat terkejut karena tulisan yang saya tulis belum selesai. Ketika dihitung jumlahnya hanya mencapai 500 lebih kata. Cukup kecewa dengan hasilnya karena hanya mencapai 500-an kata, padahal yang saya targetkan mencapai 700-an kata.

Alhamdulillah tulisan yang saya buat masuk nominasi 10 besar dan memperoleh peringkat ke-2 menulis cepat di bawah Tia. Hingga membuat saya lolos ke tahap selanjutnya yakni tahap mempresentasikan hasil bacaan dari buku lokal.Untuk tahap ini Pak Yus hanya memberi kami waktu satu hari untuk membaca dan memahami isi dari buku yang dibaca. Buku tersebut harus ditulis oleh orang Kalimantan Barat dan juga harus seputar Kalimantan Barat. Qadarullah harus semangat walaupun hanya diberi waktu satu hari. Waktu bukan masalah untuk terus maju ke depan. Jangan menyerah, dan Salam literasi. (* Kelas : M. G Harris )

Baca Juga:  Siti Zulaiha, Duta Literasi IAIN Pontianak

Awali dengan bismillah
Akhiri dengan hamdala
Mudah mudahan ilmu nya berkah
Menjadi penolong di alam barzahn

Berbagi itu indah:

Tulis Komentar

comments

About teraju.id

Check Also

Apresiasi Karya, dan Semangat Masa Depan

Oleh: Kautsar Nabil* Kamis, 16 Januari 2020. Hari apakah ini? Hari bersejarah? ya! Hari Apresiasi? …

teraju.id