in

Ikapi Kerjasama Bareskrim Perangi Pembajakan Buku

teraju.id, Kramat Raya – Musuh industri perbukuan nasional berupa pembajakan buku menyeruak di acara Konkernas Ikapi, the Acacia, Kramat Raya, Jakarta, 14/2/20. Banyak penulis dan penerbit yang mengeluhkan betapa ruginya mereka akibat pembajakan.

“Saya juga punya pengalaman pribadi atas kasus pembajakan ini. Kualitasnya menjadi rendah sekali. Nama baik kita jadi rusak,” ungkap Lucya Andam Dewi, Dewan Penasihat Ikapi Pusat. Ia menunjuk marketplace di media daring.
Melawan aksi pembajakan ini, Ketua Ikapi, Rosidayati Rozalina menyosialisasikan kerjasama terhadap Bareskrim Polri. Dalam kerjasama itu ada komitmen menindak kasus pidana tersebut.

Banyak point penting dalam hal melawan pembajakan ini, antara lain penyidik kurang paham beda hak paten dan hak cipta. Untuk ini perlu pelatihan dan edukasi perihal melawan aksi pembajakan ini. (kan)

Baca Juga:  Salam Insaf, Sekali Lagi Tentang ISBN

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Ikapi Pilih Ketua Umum Via e-Voting dan Konvensi

Ke Selatan Mencari Berkah