in ,

Ikapi Pilih Ketua Umum Via e-Voting dan Konvensi

teraju.id, Kramat Raya – Satu langkah maju dicatatkan Ikatan Penerbit Indonesia yang kini berumur 70 tahun. Yakni pemilihan ketua umum 2020-2025 dengan cara elektronik voting.

“Sudah banyak lembaga menerapkan e-voting karena bisa meningkatkan partisipasi pemilih,” ungkap pakar teknologi informasi, Andreas Pardyanto dalam acara Konkernas Ikapi di the Acacia, Kramat Raya, Jakarta, 14/2/20.

Modal dasar e-voting adalah jejaring pemilih berdasarkan gejet. Hasilnya cepat tanpa dibatasi ruang dan waktu. Presisinya disesuaikan dengan anggaran dasar dan anggaran rumah tangga. Misalnya ada dua suara per daerah.

Rintisan e-voting ini melengkapi sistem pemilihan demokratis yakni penerapan sistem konvensi. Demikian ini untuk memperoleh ketua Ikapi yang lebih legitimate.

“Tahun ini kita memperingati 70 tahun Ikapi sekaligus 75 tahun Indonesia merdeka. Kita harus inovatif dalam menjawab masalah kekinian,” ungkap Dewan Penasihat, mantan Ketum Ikapi, Lucya Andam Dewi.
Roadmap e-voting dan konvensi sendiri dibahas lebih rinci dalam Konkernas dan puncak pemilihannya pada Nopember 2020. (kan)

Baca Juga:  Salam Insaf, Sekali Lagi Tentang ISBN

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Ikapi Gelar Konferensi Kerja Nasional

Ikapi Kerjasama Bareskrim Perangi Pembajakan Buku