in ,

Pontianak Lestarikan Budaya Saprahan

IMG 20160922 180826 624

Teraju.id, (15/9/2016) Anda pernah ikut Saprahan? Atau tidak tahu sama sekali? Saprahan adalah salah satu budaya khas melayu Pontianak yaitu makanan yang disantap bersama–biasanya berhadapan dan berderet memanjang di atas saprah lantai. Saprahan ini mempunyai arti yaitu duduk sama rendah, berdiri sama tinggi.

Pemerintah Kota Pontianak beserta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar Festival Saprahan antar-SLTA sederajat se-kota Pontianak yang bertajuk Dengan Festival Saprahan Anak Mude Pontianak Kerje Nyate Peduli Budaye. Acara ini bertempat di Rumah Melayu Kota Baru.

“Kegiatan Saprah untuk tingkat SLTA se-kota Pontianak ini pertama kali diadakan. Yang mana sebelumnya kami sudah ada sosialisasi dan pembekalan kepada guru kemudian dan siswanya pada bulan Maret yang lalu. Dan kami berharap generasi muda kita dan anak-anak kota Pontianak ini bisa memahami budaya Saprah kita,” ungkap Hilfira Hamid selaku Kepala Dinas Pariwisatan dan Kebudayaan Kota Pontianak.

Saprah ini kata Hilfira ini banyak keistimewaannya karena dari ini banyak kebersamaannya, bisa menghargai yang tua dan kemudian ada etikanya. “Ini alhamdulillah walaupun yang pertama cukup lumayan. Terhitung sekitar 15 kelompok yang masing-masing kelompoknya ada yang 4 orang dan ada yang 6 orang,” imbuhnya.

Kriteria penilaian lanjut Hilfira, mulai dari masakannya, cara penyajiannya, kekompakan, kerapian, penataan makanan, dan kemudian dia ada tata caranya harus tetap sopan supaya tidak mengganggu tamunya.

Makanan saprahan ini ada nasi kebuli, semur daging, pacri nanas, serta sambal wak haji dollah. “Hadiahnya ada trophy yang berbentuk piring, uang pembinaan dan piagam. Insya Allah akan menjadi agenda tahunan dalam menyambut dan mengisi hari jadi Kota Pontianak, imbuhnya.

Acara ini berlangsung meriah, di mana sebelum dimulainya saprahan delegasi dipersilahkan foto bersama. (Difa)

Written by teraju

IMG 20160922 175941 689

Dulu Montir Sekarang Pemilik Resto

IMG 20160922 202630 882

Beranda Ruko Roboh