in ,

Di Ulang Tahun ke-107 Sultan Hamid, Kalbar Bertagar Pahlawan Nasional

WhatsApp Image 2020 07 12 at 09.29.19

teraju.id, khaTULIStiwa – Memperingati hari ulang tahun ke-107 Sultan Hamid II Alkadrie yang jatuh pada hari ini, masyarakat Kalbar menyebar tagar #Sultan-Hamid-Pahlawan-Nasional.

Prof Dr Thamrin Usman, Dea mantan rektor Universitas Tanjungpura mendesain sendiri ajakan serupa.

Guru besar kimia analitik alumni Ecole National Superieur de Chimie de Toulouse (ENSCT) Toulouse-Prancis ini menilai Sultan Hamid telah rela berjuang untuk bangsa dan negara Indonesia.

Pria kelahiran Kampung Dalam Kesultanan Qadriyah Pontianak ini bercerita, bahwa di masa kecilnya pernah bersua dengan Sultan Hamid II Alkadrie.

“Suatu pagi lewat seseorang yg berbadan besar, gagah dan rupawan di depan rumah kami, saya kala itu masih SD di awal awal tahun, lalu bertanya kepada Bapakku (ayah saya, red) siapa gerangan dia, ternyata dialah Sultan Hamid II.”

Menurut Thamrin, dari cerita ayahnya, Hamid senang anak kecil. Sultan berpangkat Mayjen itu suka memfasilitasi anak dan remaja bermain bola di halaman istana. Dia mau anak muda Pontianak belajar filosofi bermain bola yang sehat, kaya taktik dan strategi.

Baca Juga:  Rahmawati Guru Agama -- Cucu Ulama -- Foto Sebelum Take-Off

“Kalau saja Sultan Hamid II Alkadrie tidak dipenjara, entah bagaimana majunya Pontianak dan Kalimantan Barat sebagai Daerah Istimewa dalam program pembangunannya.” Begitu kisah Thamrin Usman. Ia pun mendesain sendiri tagar seperti dapat disimak di atas. Ayo bantu sebar tagar #sultan-hamid-pahlawan-nasional. Kado terindah untuknya di alam barzah. Alfatihah. (kan)

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

IMG 20200712 WA0007

Hut 107 Sultan Hamid, Peringati dengan Malam Apresiasi Sastra di Kampoeng English Poernama

WhatsApp Image 2020 07 12 at 13.31.07

Malam Ini Dialog Sastra dan “Interview with Mr Verry about Review of Logic Analysis of Sultan Hamid is Hero or Betrayer”