in

Lima Jurus Merawat Laptop Tetap Sehat

anti virus 940

Oleh: Imam *

Laptop dan PC (Personal Computer) dengan kinerja yang lancar dan bebas virus adalah idaman bagi semua pengguna tanpa terkecuali. Sudah menjadi hal umum bagi kita semua, bahwa salah satu faktor yang dapat menyebabkan kinerja laptop melambat dan mulai menimbulkan ketidaknyamanan dalam penggunaanya adalah virus. Lebih dari 80% persen proses instal ulang itu berawal dari virus yang menyerang laptop.

Tetapi perlu kita ketahui bahwa bukan hanya virus saja yang menyebabkan kinerja laptop menurun dan cenderung melambat. Oleh karena itu, penulis akan menuliskan tentang beberapa tips untuk merawat dan memaintenance laptop para pembaca sekalian. Mulai dari menjaga system agar tidak terkena virus yang berpotensi merusak system, sampai membersihkan temporary files dan registry yang menumpuk serta tidak tertata dengan baik. Berikut adalah tipsnya:

Pertama, hal yang terpenting adalah jangan pernah mematikan komputer dengan paksa ketika mengalami “nge-hang” atau responding. Selalu matikan komputer/laptop lewat proses “shut down”, jika memang sudah terpaksa dan tidak ada pilihan lain, maka tidak apa-apa jika mematikannya dengan paksa melalui tombol power, tetapi ingat, jangan terlalu sering menggunakan cara tersebut!

Kedua, pasanglah antivirus yang memang sudah mendapat rating tertinggi dan terbaik di kancah dunia. Bila perlu kita membuka website yang berisi review dan testimoni yang membandingkan beberapa antivirus terbaik di dunia. Dan usahakan melakukan “Deep Scanning” minimal sebulan sekali serta melakukan updating pada database antivirus. Rekomendasi antivirus gratis: Avira, Avast atau buatan anak negeri Smadav.

Ketiga, menggunakan Aplikasi Cleaner, salah satunya Ccleaner. Anda bisa menggunakannya sebagai pembersih registry yang tidak tertata dengan rapi, membersihkan cache browser, membersihkan temporary files yang menumpuk di system, dan masih banyak lagi fungsinya.

Keempat, melakukan Defragment disk (Tool bawaan dari system) minimal enam bulan sekali demi menjaga kinerja serta dapat memperpanjang umur harddisk.

Kelima, usahakan jangan terlalu banyak menggunakan Add-Ons pada browser demi menghindari loading yang lama. Juga hati-hati dalam menginstal aplikasi gratisan yang kadang berisi spyware dan malware. Add-Ons yang wajib ialah Browser Protection.

Demikianlah beberapa tips singkat yang bisa penulis berikan, semoga dapat membantu menjaga kesehatan dan kinerja dari system laptop para pembaca sekalian, dan jika terjadi masalah serius untuk virus yang sudah tidak bisa ditangani oleh antivirus, maka jalan terakhir adalah meng-install ulang system tersebut.

(Penulis adalah mahasiswa jurusan infokom Polnep dan fasilitator Kampoeng English Poernama)

Written by teraju

pasir putih pantai indah 2

Pasir Putih, Pantai Indah di Selatan Kalbar (2)

keberagaman itu taman bunga indah 1

Mewujudkan Kerukunan dalam Keberagaman