in ,

GenBI Goes to School Sebagai Wujud Energi untuk Negeri

genBI
GenBI Kalbar bersama Yudi Kurniadi (paling kanan) selaku Pembina GenBI Kalbar dan Hendro Prakoso (paling kiri) selaku perwakilan dari Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat saat melaksanakan kegiatan GenBI Goes to School di SMK Amaliyah Sekadau.

Teraju.id.  Generasi Baru Indonesia atau yang biasanya disingkat GenBI adalah organisasi yang didirikan pada tanggal 11 November 2011. Anggota dari GenBI sendiri adalah mahasiswa penerima beasiswa Bank Indonesia. GenBI tersebar di seluruh Provinsi se-Indonesia, salah satunya di Provinsi Kalimantan Barat yang biasanya akrab disapa GenBI Kalbar. Sama seperti jargonnya, GenBI Kalbar adalah energi untuk negeri. Hal itu dikarenakan program kerja yang dilaksanakan berlandaskan pada empat aspek, yaitu lingkungan hidup, kewirausahaan, kesehatan masyarakat dan pendidikan. Adapun salah satu program kerja yang dilaksanakan dari aspek pendidikan adalah GenBI Goes to School. Untuk menyukseskan kegiatan ini GenBI Kalbar tidak bergerak sendiri, melainkan bekerja sama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Barat.

GenBI Goes to School mengangkat muatan berupa Roadshow Sosialisasi dengan sasaran siswa-siswi SMA sederajat. Adapun sosialisasi yang dimaksud adalah sosialisasi terkait Kebanksentralan, Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT), dan juga Ciri Keaslian Uang Rupiah (CKUR). Sosialisasi tersebut disampaikan secara langsung oleh tiga anggota GenBI Kalbar terbaik yang lolos post test pada Training of Trainer mengenai tiga materi diatas.

Sebelumnya, GenBI Goes to School telah dilaksanakan pada Maret 2016 di Kabupaten Sekadau, Sanggau, Melawi, Sintang, Ketapang dan Kayong Utara.
Sesi yang pertama dari sosialisasi ini adalah mengenai kebanksentralan. Pada sesi ini dijelaskan mengenai sejarah bank sentral, Bank Indonesia sebagai bank sentral, serta tugas dan wewenang Bank Indonesia. Pada sesi kedua dibahas materi sistem pembayaran, alat pembayaran, jenis pembayaran non tunai, dan alat pembayaran non tunai. Sedangkan. pada sesi ketiga mengupas tuntas apa saja fungsi uang, bagaimana cara merawat dan mencintai uang rupiah, dan ciri-ciri keaslian uang rupiah. Setelah tiga sesi penyampaian materi sosialisasi selesai, peserta diberikan sedikit gambaran bagaimana proses perencanaan, pencetakan, penerbitan, pengedaran, pencabutan, dan pemusnahan uang rupiah melalui video Rupiah Keren. Kemudian, sosialisasi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari peserta. Terakhir, sosialisasi ditutup dengan kuis dan foto bersama dengan seluruh peserta.

Masih dengan muatan dan sasaran yang sama, GenBI Goes to School selanjutnya akan dilaksanakan pada bulan Oktober hingga November 2016 ini. Oleh karena itu, GenBI Kalbar berharap dengan adanya kegiatan ini semoga semakin banyak siswa-siswi SMA sederajat di Kalimantan Barat yang mendapatkan pengetahuan mengenai kebanksentralan, gerakan nasional non tunai, dan ciri keaslian uang rupiah. Selain itu, GenBI Kalbar juga berharap kegiatan yang telah dilakukan maupun yang akan dilakukan dapat memberi manfaat untuk masyarakat secara umum. Sehingga, GenBI Kalbar dapat selalu menjadi energi untuk negeri.  Untuk adik-adik SMA sederajat, nantikan GenBI Kalbar di sekolah kalian ya.

Oleh: Nahrul Hayati (Kepala Bidang Pendidikan GenBI Kalbar)

Written by teraju.id

IMG 20160922 064244 988

Rektor Thamrin akan Lantik Sutarmidji Sebagai Ketua IKA Untan

Ancam Mati

Warga Kalbar Terancam Hukuman Mati (Bawa Senpi dan 95 Amunisi)