in ,

KH Jalaludin Ahmad: Empat Pilar Pembangunan Ideal

kh jalal

Teraju.Id, Pontianak – Ketua MUI Kota Pontianak, KH Jalaludin Ahmad saat tampil sebagai khatib idul adha di Taman Pancasila-Rahadi Oesman, Senin (12/9/16) mengungkapkan empat pilar pembangunan ideal. Pertama adalah hakim yang adil. Kedua, pemerintahan yang amanah. Ketiga, ulama yang mengamalkan ilmunya, serta keempat golongan orang kaya nan dermawan.

“Alhamdulilah kita di Kota Pontianak memiliki keempatnya, sehingga Kota Pontianak maju pesat!” Diurutkannya uraian tentang keadilan menjadi kebutuhan setiap warga siapa pun dia tanpa mengenal etnis maupun agama.

Sementara di dalam Islam, keadilan lebih dekat kepada ketakwaan. Pemerintah yang amanah menurutnya adalah pemegang tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien, berhasil menekan kebocoran alias korupsi. Dengan demikian dana negara dikelola sepenuhnya untuk kemakmuran.

Kata Kyai Jalal, di Pontianak dan sekitarnya sejak dulu kala, “Siapa yang tidak ingat dengan ketokohan ulama Ismail Mundu, Guru Ibrahim, Abdurrachman Fallugah, KH Muhammad Ridho Yahya? Ulama-ulama tersebut telah mewariskan Islam sebagai rahmat bagi lingkungan. Warisan rahmatan lil’alamiin ini mesti kita teruskan dalam melanjutkan pembangunan,” ungkapnya.

Pembangunan mental spiritual ditopang hakim yang adil dengan pemerintah yang amanah akan semakin sempurna dengan hadirnya kalangan mampu/kaya namun dermawan. Sehingga tidak ada celah bagi kemiskinan bisa bersarang. Jika kemiskinan hilang, maka kriminalitas juga dengan sendirinya akan raib dari permukaan kehidupan.

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

IMG 20160912 091413 967

Ied, Sistem Keluar-Masuk Rahadi Oesman Makin Bagus

IMG 20160912 124731 330

Sutarmidji: Ada Perubahan dari Masyarakat Kita