in ,

Kolam Ikan di Tempat Wudhu’ Masjid

IMG 20171218 115533 618

Oleh: Ambaryani

–Pagi ini, saya merasa takjub saat masuk pelataran samping masjid besar Arief Jannah, sebelum jembatan belokan Rasau Jaya 2. Tujuan saya, toilet masjid.
Begitu masuk tempat halaman samping, saya langsung melihat kolam ikan emas. Posisinya pas di tengah-tengah, tempat wudhu’ dan toilet mengelilingi kolam tersebut.

Ikannya banyak dan berwarna. Ada yang warna warni, merah kuning, dan merah serta kuning belang hitam. Ada yang sudah sebesar 3 jari orang dewasa, ada juga yang masih 2 jari, dan ada yang lebih kecil lagi.

Air kolamnya merah, khas air tanah gambut. Tapi tetap indah dengan ikan warna-warna cerah yang timbul dan berenang ke sana-sini. Di tengah ada batu-buatan. Saya rasa, dulu dibuat menyerupai batu air terjun sehingga airnya terus mengalir dan mengeluarkan suara gemericik.

Ini sesuatu yang menarik. Jarang sekali tempat wudhu’ masjid didesain seperti ini. Pasti orang yang memiliki ide ini, orang yang luar biasa. Bisa berpikir sekreatif ini.

Bayangkan saja, di halaman masjid ada kolam ikan. Ikannya banyak. Menambah kesan indah masjid yang tampilan dari luarnya juga menawan. Pasti jama’ah akan betah berlama-lama di masjid.

Andai saja banyak pengurus masjid yang memiliki ide sebrilian ini, akan banyak masjid di Pontianak yang tampil indah menawan. Semoga saja. (*)

Written by Ambaryani

Ambaryani, Pegawai Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya. Lulusan Program Studi Komunikasi STAIN Pontianak. Buku berjudul; 1. Pesona Kubu Raya 2. Kubu 360 adalah buku yang ditulisnya selama menjadi ASN Kabupaten Kubu Raya

Desa Selat Remis Teluk Pakedai Kalimantan Barat

Menikmati Hidangan Sederhana di Desa Selat Remis Teluk Pakedai

images 1 1

Aroma Nasi Jagung