in

Binabud Chapter Pontianak dan Kampoeng English Poernama Rampungkan Rota 2023

teraju.id, Purnama – Pengurus lembaga nirlaba yang mengelola “inter-cultural learning” Bina Antarbudaya Chapter Pontianak dan Kampoeng English Poernama menyelenggarakan rapat akhir tahun, Sabtu, 17/12/22. Dalam forum tersebut dilakukan evaluasi atas program kerja (Rota) sepanjang tahun 2022 sekaligus merancang program di tahun 2023.

Masing-masing divisi mempresentasikan program organisasi tahunan di hadapan anggota. Dimulai dari bidang sending (pengiriman pelajar ke manca-negara) sejak proses sosialisasi, seleksi, hingga para pelajar kembali ke Tanah Air. Divisi Sending ini dipimpin oleh Kak Huntung Dwiyani.

Divisi Hosting (penanganan pelajar mancanegara di Kalbar) dipimpin oleh Rike Rahayu. Melalui jaringan virtual, alumni Polnep bidang Manajemen yang kini bekerja di Kota Kembang, Bandung, mendederkan program yang sedang berjalan di tahun 2022 hingga Desember di mana ada peserta hosting, masing-masing dari Jepang dan Italia.

“Pada tahun 2023 kita mendapatkan kepercayaan untuk menambah jumlah peserta hosting,” ungkap Rike seraya menimpali bahwa penambahan peserta hosting dari manca negara akan menambah resources atau sumberdaya berupa host school, host family dan juga sumberdaya volunteer.

Baca Juga:  Musim Gugur dan Salju Pertamaku di Amerika!

Mengenai pemberdayaan volunteer, Koordinator Divisi Volunteer Development, Meiry Dintia Arini menyambut dengan baik. Beragam program yang telah berjalan hendak ditingkatkan frekuensi dan kapasitasnya. Salah satu mesin pembentukan kader relawan adalah dengan pendidikan dan latihan melalui ujung tombak Voldev yakni Kampoeng English Poernama.

Direktur Eksekutif Kampoeng English Poernama, Hibatul Azizi menyambut baik Rota 2023 seiring dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya mengelola Kampoeng English Poernama. Menurutnya, pada medio 2022 telah berhasil dilakukan open recruitment untuk Volunteer KEP sebanyak 15 orang. Kemudian kegiatan belajar berupa Social Sunday akan dimulai pada awal tahun 2023 di mulai dari wilayah Purnama-Pontianak dan Parit Buluh-Kubu Raya.

Di forum yang sama, Koordinator Public Relation and Fundrising, Billy Satria mempresentasikan kegiatan sosialisasi organisasi maupun publikasi. “Intensitas sosialisasi dan publikasi seirama dengan kegiatan antardevisi. Semakin banyak kegiatan akan semakin besar pula volume publisitasnya.”

Keseluruhan divisi menabalkan sejumlah event pada tahun 2023 termasuk jalinan kerjasama keorganisasian. Baik dalam lingkup internal maupun eksternal. Rota 2023 akan diprsentasikan di forum Rakernas Binabud pada awal tahun 2023. (kan)

Baca Juga:  Malam Ta'aruf MTQ Kalbar

Written by Nur Iskandar

Hobi menulis tumbuh amat subur ketika masuk Universitas Tanjungpura. Sejak 1992-1999 terlibat aktif di pers kampus. Di masa ini pula sempat mengenyam amanah sebagai Ketua Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) HMI Cabang Pontianak, Wapimred Tabloid Mahasiswa Mimbar Untan dan Presidium Wilayah Kalimantan PPMI (Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia). Karir di bidang jurnalistik dimulai di Radio Volare (1997-2001), Harian Equator (1999-2006), Harian Borneo Tribune dan hingga sekarang di teraju.id.

Ketua Lazismu Kalbar Sukses Gelar Merolah

Sedekah Akbar Indonesia Kembali Digelar di Pontianak